Setiap hari staf Anda terlihat sibuk, laporan menumpuk, tapi kenapa ya sepertinya tidak ada progress yang berarti di bisnis travel umrah Anda? Tim CS Anda memang terlihat sibuk melayani pelanggan, tetapi Anda tidak benar-benar tahu apa yang dikerjakan, tujuan yang mau dicapai apa, seberapa bagus pelayanannya, dll. Itu semua karena Anda tidak mempunyai & menerapkan KPI (Key Performance Indicator) pada bisnis Anda, sehingga tidak terukur efektifitas kerja tim Anda.
Saat ini banyak bisnis travel umrah & haji yang berjalan begitu saja tanpa ukuran yang jelas. Bukan cuma CS, Anda juga tidak bisa mengukur seberapa efektif performa tim Sales & Marketing Anda. Divisi lainnya juga demikian, seperti tim keuangan, tim pergudangan, dan tim lapangan (pelaksana pemberangkatan) butuh KPI untuk mengukur kinerja tim Anda. Tanpa adanya KPI, Anda hanya akan berspekulasi terhadap apa yang sedang terjadi di bisnis Anda.
Pentingnya KPI untuk Bisnis Travel Umrah & Haji
KPI (Key Performance Indicator) merupakan indikator atau metrik yang digunakan untuk mengukur kinerja suatu aktivitas bisnis terhadap tujuan strategis yang telah ditetapkan. KPI membantu organisasi mengetahui apakah mereka berada di jalur yang tepat untuk mencapai targetnya, atau perlu melakukan evaluasi & perbaikan.
Menurut Bernard Marr, seorang pakar strategi bisnis dan penulis buku “Key Performance Indicators: The 75 Measures Every Manager Needs to Know”, KPI adalah:
"Tools to track progress against strategic goals and objectives."
Harvard Business Review (HBR) menyatakan bahwa:
“KPI tells you whether you’re on track to meet your goals.”
(Sumber: Harvard Business Review – hbr.org)
Jadi, KPI bukan hanya angka, tapi merupakan kompas kinerja — alat bantu yang menunjukkan apakah suatu unit kerja, proyek, atau bisnis berjalan secara efektif atau tidak.
Contohnya di bisnis travel umrah haji, Anda bisa mengukur KPI di Sales & Marketing dengan menetapkan KPI yang relevan yaitu jumlah paket umrah yang terjual tiap bulan. Anda harus bisa mengukur efektifitas promosi yang dikerjakan oleh tim marketing, sales internal, dan agen-agen di travel Anda.
Contoh lainnya adalah untuk staff CS/Admin operasional yang melayani jamaah, Anda bisa menetapkan KPI berupa berapa waktu rata-rata pelayanan hingga penginputan data pemesanan paket. Anda bisa mengukur efisiensi kerja staff administrasi dengan membuat tolok ukur durasi pelayanan pemesanan, pembayaran, data jamaah, pengumpulan dokumen, pendistribusian perlengkapan, dll.
Nah, kebayang kan? Semuanya dapat Anda ukur sehingga travel umrah Anda dapat dikelola dengan baik!
Dampak Negatif Jika Bisnis Travel Umrah Tidak Memiliki KPI
Apabila di travel umrah Anda tidak mempunyai KPI, maka :
- Tidak tahu apakah tim Anda perform atau tidak
Sulit menentukan apakah tim sudah bekerja sesuai dengan standar penilaian, bukan asal jalan saja
- Pemborosan waktu dan tenaga tidak terdeteksi
Pekerjaan yang tak ada standarnya misal durasi, ketercapaian, dll maka tidak akan bisa dideteksi apabila ada pemborosan waktu dan tenaga. Pekerjaan yang seharusnya selesai 1 jam, malah dikerjakan 3 jam lebih!
- Semua kerja terasa “sibuk” tapi hasilnya tak jelas
Buka tab di laptop sangat banyak, tapi ternyata masih bingung mau ngerjain apa seharian! Nah, penting untuk menjaga agar tim Anda tetap sesuai jalur menuju goal perusahaan
- Sulit evaluasi & perbaikan kerja
Tim kesulitan menerima evaluasi dan saran perbaikan kerja dari atasan, karena merasa sudah bekerja keras dan maksimal. Padahal apabila diukur KPI-nya, kualitas pekerjaannya masih jauh dari kata standar
- Motivasi tim jadi menurun karena tidak ada tolok ukur ketercapaian target
Tim yang sudah bekerja dengan kualitas baik tidak mendapat apresiasi yang pantas, sedangkan tim yang kerjanya asal-asalan juga tidak mendapat peringatan atau evaluasi. Ini dapat menimbulkan kecemburuan & penurunan motivasi karena reward & punishment-nya tak terukur
Dampak Positif Ketika Travel Umrah dan Haji Punya KPI
- KPI sebagai kompas kerja: semua orang mengetahui arah, target, & cara mencapainya
Jangan buang waktu dan tenaga untuk hal-halhal yang tidak selaras dengan arah & target bisnis Anda!
- Efisiensi meningkat karena fokus pada hal yang berdampak
Rasakan perubahan setelah Anda memiliki & mengimplementasikan KPI di bisnis travel umrah Anda, kinerja tim Anda makin efisien!
- Penilaian kerja menjadi objektif & berbasis data
Tidak ada lagi penilaian berdasarkan kira-kira, semua terdata & terukur secara rapi dan bisa dipertanggungjawabkan
- Travel lebih siap tumbuh dan berkembang dengan sistem profesional
Buat bisnis travel Anda siap melesat dengan penerapan KPI
Webinar Spesial: Belajar Menyusun dan Mengukur KPI untuk Travel Umrah & Haji
Jadi, sudah siap menerapkan KPI di bisnis Anda?
Bagi Anda yang masih bingung gimana sih cara menyusun & menggunakan KPI untuk membangun budaya kerja yang terukur supaya bisnis travel umrah Anda semakin maju, Erahajj Academy kembali menyelenggarakan webinar eksklusif dengan tema :
Memahami Peran KPI Untuk Membangun Budaya Kerja Terukur
Bagi Travel Umrah dan Haji
bersama
Ryan Martian (HR Expert, Business Consultant, & Leadership Coach)
& Baharudin Yusuf (Business Owner Erahajj Group)
Di sini, kita akan belajar bersama tentang :
- Strategi bisnis travel bertumbuh dengan kinerja yang terukur
- Memastikan performa tim sesuai tujuan & target perusahaan
- Memahami peran KPI supaya penilaian terhadap tim tetap objektif
Catat tanggalnya!
Senin, 28 April 2025
13:30 - 15:30 WIB
Live via Zoom & Youtube
“KPI bukan hanya alat ukur, tapi fondasi bisnis yang sehat dan tumbuh.”
Segera daftarkan diri Anda melalui tautan berikut ini :
Hubungi CP di bawah ini untuk informasi webinar selengkapnya!
Contact Person :
0812 9695 2901 (Annisa)