Dampak Digital Marketing yang Tak Tepat pada Bisnis Travel Umrah - Jika Anda telah berkomitmen untuk mengembangkan pemasaran produk travel umrah Anda menggunakan jalur digital marketing, maka Anda harus meningkatkan pengetahuan Anda di bidang ini.
Sebab, tanpa adanya informasi / ilmu yang cukup tentang digital marketing, salah-salah aktivitas pemasaran digital Anda malah bisa menghancurkan bisnis Anda.

Penggunaa digital marketing yang tak tepat, akan berimbas kepada penurunan penjualan, bahkan bisa merusak branding yang telah Anda bangun sekian lama. Tidak mau, kan, mengalaminya?
Baca Juga : Strategi Membangun Brand Awareness Bagi Perusahaan Travel Umrah
Digital Marketing yang Tidak Tepat
Berikut ini akan kami jelaskan berbagai macam penggunaan pemasaran digital yang tidak tepat, yang justru dapat membuat usaha Anda mengalami kebangkrutan.
Pemasaran Tak Sesuai Target Market
Ketika membuat konten guna keperluan digital marketing, perusahaan Anda dituntut untuk mengenali target market Anda terlebih dahulu. Anda dapat menyesuaikan konten apabila Anda tahu persis target market produk/ jasa yang Anda tawarkan.
Apabila Anda membidik pasar menengah atas, maka Anda harus membuat konten ekslusif yang mampu menarik minat target market Anda. Anda dapat memasang harga yang tinggi, asalkan ada benefit yang ditawarkan.
Sebaliknya, apabila Anda mempunyai produk yang sesuai dengan pasar menengah ke bawah, Anda perlu membuat iklan atau promosi yang berbeda. Misal dengan memasang kata-kata seperti hemat, murah, hadiah, & sebagainya.
Penawaran dan Permintaan Tidak Sinkron
Anda perlu paham mengenai hukum penawaran dan permintaan, supaya Anda tidak membuat penawaran produk yang permintaannya rendah. Usahakan apa yang Anda jual merupakan produk yang disukai oleh masyarakat.
Jika Anda memiliki penawaran yang sangat baik, namun permintaannya tidak ada misal, harga terlalu mahal atau tujuan wisatanya tidak familiar di kalangan jamaah, maka Anda melakukan hal yang menguras waktu & anggaran.
hendaknya, Anda pahami dulu keinginan pasar, setelah itu Anda sediakan penawaran produk paket umrah yang sesuai dengan permintaan pasar.
Baca Juga : Menerapkan Metode Eksperiental Marketing Untuk Usaha Travel Umrah
Kegagalan Branding Perusahaan
Jika Anda melakukan branding secara asal-asalan, Anda hanya akan menuai kegagalan mengenalkan perusahaan Anda pada khalayak.
Misalnya, tidak konsisten dalam brand identity, memakai bahasa informal kepada pelanggan yang serius, mengubah-ubah diskon sesuka hati tanpa ada ketentuan yang jelas, serta merekrut SDM yang tidak profesional sehingga nama perusahaan Anda dipertaruhkan.
Website Perusahaan Berantakan
Website bagaikan etalase toko yang memuat profil perusahaan & jualan Anda. Anda tidak mungkin membiarkan etalase Anda dalam kondisi kacau, sementara calon jamaah Anda lalu lalang melihat etalase Anda tersebut.

Usahakan agar mengatur website Anda dengan baik, gunakan tampilan yang simple, mudah dipahami konsumen, dan rapi. Anda mesti mau menginvestasikan sejumlah dana, waktu, dan tenaga guna membuat tampilan website perusahaan yang bagus.
Baca Juga: Mengoptimalkan Konversi Penjualan Paket Umrah Via Website
Ketidaksesuaian Iklan dengan Landing Page
Seringkali, pemasar digital memakai iklan berbayar untuk mendongkrak penjualan. Baik itu di FB Ads, IG Ads, Google Ads, dan media iklan lainnya di internet, umumnya diarahkan untuk mengunjungi landing page untuk meyakinkan jamaah melalui copywriting agar berujung closing penjualan.
Sayangnya, masih ada saja pembisnis travel umrah yang abai terhadap hal penting ini, yaitu ketidakselarasan antara iklan yang dipasang dengan landing page tempat closing penjualan.
apabila Anda memasang iklan umrah hemat, ya tidak boleh tawarkan umrah plus-plus di landing page Anda. Sama saja Anda menjual produk bernilai jual tinggi kepada jamaah yang dananya terbatas.
Akhirnya iklan Anda akan percuma, tidak berujung pada penjualan. Sayang sekali, bukan?
Rumit Saat Check Out
Nah, ini juga tidak kalah penting. Sebagus apapun sebuah produk, seberminat apapun pelanggan terhadap produk yang Anda jual, namun untuk proses check out-nya dibuat rumit, maka Anda akan cepat kehilangan konsumen potensial.

Untungnya, saat ini ada sistem aplikasi khusus travel umrah yang mempunyai fitur transaksi yang gampang & user friendly. Konsumen yang hendak membeli travel umrah hanya perlu 3 tahap mudah yang bisa membuat pengalaman pelanggan saat mendaftar umrah menjadi menyenangkan.
Budget Besar Hasil Tidak Sebanding
Terakhir, saat menjalani digital marketing, sebenarnya Anda bisa menghemat banyak dana untuk beriklan. Dengan pasar yang begitu luas, Anda hanya membayar beberapa hal saja seperti berlangganan software khusus travel umrah dan iklan.
Namun, ada saja pebisnis travel umrah yang kurang berpengalaman yang masih mengeluarkan banyak dana-dana yang tidak perlu untuk digital marketing. Budget besar tersebut kadang tak menghasilkan penjualan yang besar, profit yang didapatkan pun tidak sepadan.
Solusi Digital Marketing Bagi Bisnis Travel Umrah
Kini saatnya Anda beralih pada solusi digital marketing bagi bisnis travel umrah Anda. Anda bisa berinvestasi cerdas dengan mengalokasikan dana hanya sekitar 500 ribu hingga 2 juta rupiah per bulan untuk membuat percepatan bisnis travel umrah Anda dengan berlangganan software Erahajj.
Nikmati kemudahan mengelola transaksi dan manajemen perusahaan travel umrah dengan Erahajj. Tak sampai di situ, kami juga sudah hadir versi mobile apps untuk kemudahan bertransaksi kapan saja dan dimana saja. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.