Pengertian Laporan Laba Rugi dan Implementasinya pada Perusahaan Biro Umroh - Laporan laba rugi adalah salah satu jenis laporan keuangan yang dibuat untuk mengerti berapa pendapatan dan beban perusahaan dalam waktu/periode tertentu.
Laporan laba rugi memperlihatkan data yang bersifat memadankan antara pendapatan dan beban.
Apabila pendapatan yang dihasilkan lebih besar dari beban, maka keuangan perusahaan disebut LABA. Sebaliknya, apabila beban lebih besar daripada pendapatan, maka disebut RUGI.

Menyusun sebuah data laporan laba rugi harus mempertimbangkan seluruh komponen laporan laba rugi tersebut. Dua perusahaan yang menghasilkan pendapatan yang sama, belum tentu keduanya membukukan laba yang sama. Sebab, sebuah perusahaan tentu bisa memiliki beban utang yang besar untuk mengeluarkan biaya operasional perusahaannya. Sehingga labanya menjadi kecil.
Komponen Laporan Laba Rugi
Terdapat 4 komponen utama laporan laba rugi yang wajib Anda ketahui:
- Pendapatan (revenues)
- Beban (expenses)
- Keuntungan (profit)
- Kerugian (loss)
Jenis-jenis Laba pada Laporan Laba Rugi
Ada beberapa jenis laba dalam laporan laba rugi :
- Laba Kotor. Laba kotor yakni pengurangan pendapatan dengan HPP. Artinya, ini ialah laba yang didapatkan setelah perusahaan berhasil menutup biaya modal produksi.
- Laba Operasi. Laba operasi merupakan laba kotor dikurangi dengan biaya beban operasional. Ini menunjukkan bahwa perusahaan mempu memperoleh pendapatan dalam kegiatan bisnisnya.
- Laba Sebelum Pajak. Laba ini yakni laba operasi yang ditambahkan dengan biaya lain-lain, belum dikurangi pajak penghasilan.
- Laba Bersih. Laba bersih atau laba bersih setelah pajak adalah laba bersih setelah dikurangi dengan pajak penghasilan.
- Laba dari Operasi Berjalan. Yakni laba yang diperoleh saat operasi berjalan di awal periode akuntansi setelah dikurangi bunga dan pajak. Biasa disebut dengan pos luar biasa.
Format Penyajian Laporan Laba Rugi
Cara membuat laporan laba rugi adalah seperti laporan keuangan lain. Di bagian atas (header) dituliskan nama perusahaan Anda dan jenis laporan keuangan. Tak lupa, cantumkan periode akuntansinya.

Anda bisa menyusun seluruh jenis laporan keuangan termasuk laporan laba rugi dengan mudah untuk perusahaan travel umroh Anda dengan memakai sistem khusus travel umroh Erahajj.
Anda tidak perlu repot menyusunnya, karena cukup dengan memasukkan data-data keuangan Anda dengan benar, Anda sudah bisa mempunyai laporan laba rugi dengan cepat, mudah dan akurat.
Implementasi Laporan Laba Rugi Pada Perusahaan Travel Umroh
Cara mengimplementasikan laporan laba rugi pada perusahaan jasasecara umum hampir sama dengan laporan laba rugi pada perusahaan dagang.
Contohnya adalah sebagai berikut.
PT Fikry Tour, pada tanggal 31 Desember 2019 memiliki data-data keuangan berupa aset, kewajiban, pendapatan, dan biaya-biaya operasi adalah sebagai berikut:
- Modal pemilik Rp. 500.000.000
- Utang Usaha Rp. 30.000.000
- Piutang usaha Rp. 25.000.000
- Kas tunai Rp. 100.000.000
- Penerimaan Penjualan Paket Umroh Rp. 1.250.000.000
- Penerimaan dari Jasa Lainnya RP 50.000.000
- Pendapatan Bunga Rp. 300.000
- Tanah RP 50.000.000
- Persediaan Barang Keperluan Umroh RP 15.500.000
- Gaji karyawan Rp. 72.000.000
- Biaya administrasi & umum RP 10.500.000
- Biaya pemeliharaan kantor Rp. 5.000.000
- Komisi Agen Rp. 62.500.000
- Beban Bunga RP 2.400.000
Dari data-data tersebut, PT Fikry Tour membuat laporan laba rugi untuk periode yang berakhir pada 31 Desember 2019, sebagai berikut:

Nah, Anda dapat mempunyai laporan keuangan dan laporan laba rugi dengan cepat dan mudah serta akurat tersebut cukup dengan beberapa klik dengan berlangganan software travel umrah Erahajj Indonesia.
Hubungi CS kami untuk mendapatkan kemudahan dalam pembuatan laporan keuangan perusahaan travel umrah Anda sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku.