Pada saat social distancing untuk mencegah penyebaran virus Corona digalakkan, bukan berarti Anda dan jamaah Anda jadi melakukan social media distancing. Ada berbagai strategi pemasaran online yang dapat Anda jalankan untuk tetap eksis sehingga nantinya usaha Anda makin dikenal oleh masyarakat.
Kegiatan di rumah saja membuat jamaah kian akrab dengan media sosial. Hal ini membawa benefit bagi pebisnis untuk bisa mengeksplor lagi strategi pemasaran online yang bisa dikejar. Jika Anda sebelumnya hanya memasarkan di satu channel saja misalnya Instagram, Anda bisa merambah media sosial lainnya supaya dapat lebih di kenal bukan hanya di satu kanal media social saja.
Begitu pun apabila Anda sebelumnya tidak konsen pada marketing berbasis konten SEO, Anda dapat mulai menekuni untuk membuat konten-konten yang berkualitas sehingga brand serta produk Anda bisa eksis di mesin pencarian Google. Anda juga bisa menulis konten yang berkualitas dengan memanfaatkan salah satu fiturnya sistem Erahajj, yang mendukung Anda menyajikan berbagai konten dengan mudah dan praktis.
Berikut ini ada 5 strategi pemasaran digital agar usaha biro umrah Anda tetap eksis dan siap melayani pelanggan saat kementrian Arab Saudi membuka akses haji dan umrah saat pandemi Corona berhenti.
1. Manfaatkan Instagram
Instagram merupakan media sosial yang digemari oleh masyarakat. Dimana ada kerumunan, di situlah Anda harus menebar pesona. Anda dapat menciptakan konten-konten berbasis gambar berkualitas, video singkat, dan story yang dapat mengingatkan audiens Anda pada haji dan umrah.
Gunakanlah strategi brand awareness, dengan menambahkan logo, memilih warna tema sesuai identity, memilih font tulisan serta desain yang konsisten, sehingga audience ketika melihat postingan Anda akan langsung ingat kepada brand perusahaan Anda.
Dengan demikian, Anda tidak akan dilupakan karena derasnya informasi tentang wabah Covid-19. Anda bisa mengangkat tema-tema edukasi seputar corona, motivasi, doa, dan sebagainya.
Bisa pula mengangkat tema positif yang bisa membuat orang menjadi bersemangat saat melihatnya. Postingan yang bermanfaat tersebut, bisa menaikkan mood dari audiens Anda, sehingga mereka mau berinteraksi dengan akun instagram Anda.
Hindari membuat konten yang sifatnya meresahkan. Jika itu berupa data dan fakta, tampilkan dengan bahasa yang positif sehingga Anda ikut menyebar kebaikan, bukan keresahan.
2. Optimalkan Whatsapp Marketing
Selain instagram, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi chatting seperti Whatsapp untuk marketing bisnis Anda. Fokus masyarakat saat ini adalah tentang kesehatan dan keamanan, sehingga hindari memasang iklan secara frontal dengan terus-menerus menjual produk Anda.
Anda bisa membuat story Whatsapp dengan metode soft selling, yaitu menawarkan produk dengan postingan yang menarik dan bermanfaat bagi konsumen.
3. Buatlah Konten Berkualitas Plus SEO Friendly
Anda mungkin belum mengoptimalkan marketing yang satu ini. Padahal, jika ditekuni, Anda bisa merasakan keuntungan dari pemasaran dengan konten berkualitas plus SEO.
Mengapa harus memproduksi konten yang berkualitas? Karena konten berkualitas merupakan asset bagi bisnis Anda. Membuat konten yang disukai oleh pembaca akan membuat usaha Anda bernilai plus, karena konten tersebut akan mengiklankan bisnis Anda lebih baik di kemudian hari.
Saat pembaca memetik manfaat, mereka akan merasa percaya pada bisnis Anda. Sehingga, tanpa Anda banyak beriklanpun trust dari pelanggan akan terbangun dengan sendirinya.
Berbeda dengan konten sampah yang Anda muat di website Anda seperti berita hoax yang mengundang pro kontra dan memicu kecemasan. Konten seperti itu mungkin menarik banyak visitor, namun tidak berarti apa-apa bagi customer Anda.
Secara teknis, postingan berkualitas juga disukai google, sehingga jika calon pelanggan Anda mencari bisnis Anda, mereka akan mudah menemukan website Anda jika mengandung konten berkualitas yang dibuat SEO friendly.
4. Gunakan Twitter
Twitter merupakan social media yang banyak diakses oleh masyarakat. Anda bisa mulai untuk eksis di twitter dengan membagikan sesuatu yang bermanfaat dan diselingi dengan iklan Anda.
Memanfaatkan twitter juga berpeluang untuk membuat bisnis Anda dikenal luas dengan fitur hashtag-nya. Anda bisa menggunakan hashtag yang sedang trending, sehingga brand Anda juga bisa eksis.
5. Rekam Video Youtube yang Menarik
Satu lagi media sosial yang bisa Anda manfaatkan supaya bisnis Anda bisa tetap eksis. Social media berbasis video ini bisa Anda manfaatkan untuk mengupload video-video seputar umrah dan haji.
Buatlah konten tentang tips umrah, tips haji, tips beribadah, panduan wisata yang berkaitan dengan umrah, dsb.
Selain menebar konten yang bermanfaat, Anda bisa sekaligus mem-branding perusahaan Anda adalah travel umrah yang amanah dan profesional.
Sisipkan nilai-nilai yang ada pada perusahaan Anda, sehingga jamaah yang menonton video tersebut merasa senang dan mau mengikuti channel youtube Anda.
Itulah 5 strategi pemasaran online yang dapat Anda tiru. Jangan menyepelekan usaha kecil Anda saat ini, karena dari upaya|usaha) yang kecil itulah usaha Anda dapat bertumbuh menjadi bisnis yang besar.
Manfaatkan sumber daya yang ada ditengah keterbatasan seperti ini, sehingga Anda akan merasa lebih siap melayani jamaah pada saat pelaksanaan ibadah haji dan umrah dibuka kembali.
Jika Anda ingin memanajemen konten dan media sosial dengan lebih baik, manfaatkan fitur pengelolaan web dan konten dari Erahajj Indonesia, yang bisa menunjang pemasaran digital Anda.