Pentingnya Sistem CRM Bagi Bisnis Travel Umroh - Bagi Anda yang mempunyai bisnis usaha travel dan travel umrah, Anda mungkin sedang berpikir bagaimana cara strategis untuk menjadikan bisnis Anda bertahan di masa pandemi Covid 19 ini. Membuat bisnis Anda selalu bertahan bisa dimulai dengan cara menjaga pelanggan agar setia kepada travel Anda.
Jadi, nanti ketika umrah dibuka kembali, Anda sudah siap untuk melayani jamaah. Namun, melayani jama'ah yang masih belum pasti akan menggunakan layanan, tidak bisa dilakukan tanpa adanya database dan sarana komunikasi. Anda bisa tetap menjalin hubungan dengan jam'ah dalam artian jamaah umroh Anda bila travel Anda menerapkan manajemen hubungan terhadap pelanggan dengan baik.
Kabar gembiranya, Erahajj Indonesia kini memiliki fitur sistem CRM yang bisa memberi manfaat untuk mempermudah travel mengelola hubungannya dengan pelanggan secara lebih baik. Anda dapat mempertahankan jama'ah lama Anda sambil terus menebar jala untuk mendapat kepercayaan jama'ah baru. Hal ini dapat diakomodir menggunakan sistem Erahajj, sehingga data yang sudah ada, ditambah data baru yang dimanajemen dengan baik akan menghasilkan benefit dikemudian hari.
Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels
Sebelum membahas lebih lanjut tentang sistem Customer Relationship Management/CRM dari Erahajj, kami akan menjelaskan terlebih dahulu pengertian & manfaat dari sistem CRM/Sistem Manajemen Pelanggan bagi usaha bisnis travel Anda.
Pengertian CRM
Secara singkat CRM merupakan suatu strategi manajemen hubungan pelanggan yang akan membuat bisnis Anda lebih dekat dengan pelanggan maupun calon pelanggan dengan bermodalkan database pelanggan & juga hasil rekaman interaksi tenaga penjual & pelanggan Anda. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sistem yang dinamakan sistem Customer Relationship Management/CRM agar Anda bisa memantau aktivitas staff Anda dalam melayani pelanggan & sejauh mana calon pelanggan bisa menjadi prospek dalam bisnis Anda.
Manfaat CRM bagi Travel
Anda pasti penasaran, mengapa saat ini hampir semua bisnis sangat memerlukan Customer Relationship Management/CRM untuk kelangsungan bisnis mereka. Ya, tidak lain karena kunci dari kesuksesan perusahaan adalah dengan selalu mempertahankan pelanggan yang sudah ada & mengelola pelanggan yang baru saja datang ke perusahaan Anda.
Misalnya di perusahaan travel atau travel umroh Anda mempunyai pelanggan loyal (atau jamaah), maka Anda perlu sekali membangun kedekatan dengan pelanggan Anda. Karena, dengan hubungan yang baik tersebut, bisa jadi pelanggan Anda tersebut akan menjadi tenaga marketing “gratis” Anda dengan rekomendasi dari mulut ke mulut.
Bila pelayanan Anda baik, maka mereka tak akan segan merekomendasikan pelanggan lainnya untuk menggunakan jasa travel Anda. Jika pelayanan Anda buruk, maka mereka juga akan menghambat perusahaan Anda berkembang, karena mereka akan menghalangi pelanggan lainnya untuk menggunakan jasa perusahaan Anda. Sangat disayangkan, padahal Anda bisa mengelolanya dengan baik menggunakan sistem CRM.
Selain itu, Anda juga akan bisa menggolongkan pelanggan berdasarkan label tertentu. Misalnya, pelanggan A ini adalah pelanggan potensial yang perlu follow up lebih intens. Sedangkan pelanggan B adalah pelanggan yang kurang potensial, sehingga hanya perlu diberikan follow up sekedarnya. Beda lagi dengan pelanggan C, yang sudah pernah menggunakan jasa Anda, maka perlu perlakuan khusus yang berbeda dengan pelanggan baru.
Semua itu hanya mungkin dilakukan jika Anda memakai sistem CRM/Customer Relationship Management, yang bisa merekam database dan aktivitas pelanggan Anda. Anda juga bisa menentukan strategi marketing yang cocok untuk tipe pelanggan tertentu.
Manfaat lainnya adalah dari sisi internal perusahaan Anda bisa memantau aktivitas staff marketing Anda dalam melaksanakan pekerjaannya. Ini sangat memungkinkan karena dari catatan follow up kepada pelanggan di sistem Customer Relationship Management/CRM, Anda bisa mengetahui sejauh mana mereka melakukan pekerjaannya.
Pada akhirnya, bila hubungan pelanggan dikelola dengan baik, maka akan berdampak pada pendapatan perusahaan. Perusahaan bisa mendapatkan repeat order dan juga penjualan dari pelanggan baru.
Nah, itulah manfaat dari CRM yang dapat Anda dapatkan bila Anda menggunakan software khusus Customer Relationship Management/CRM. Kini, Anda dapat memperoleh sistem CRM yang sangat terjangkau hanya dengan berlangganan sistem Erahajj!
Foto oleh Torsten Dettlaff dari Pexels
Sistem Customer Relationship Management/CRM Erahajj Indonesia bisa digunakan pula untuk mengirimkan email dan sms broadcast terjadwal, sehingga Anda dapat lebih leluasa mengirimkan konten promosi dan juga artikel bermanfaat untuk pelanggan Anda. Hemat & efisien, sehingga Anda tidak perlu lagi satu persatu mengirimkan email secara manual kepada pelanggan.
Tertarik untuk menggunakan CRM dari Erahajj Indonesia? Yuk, langsung saja hubungi kami di sini untuk mendapatkan informasi selengkapnya. Semoga bermanfaat!