Brand Awareness adalah sebuah istilah dalam strategi pemasaran yang artinya adalah seberapa besar tingkat kesadaran konsumen terhadap suatu produk. Cara ini dapat dilakukan untuk produk baru atau menghidupkan kembali suatu merk yang pernah ada, dengan jalan mempromosikan secara gencar brand tersebut.

Saat ini, pelanggan lebih aktif mengakses platform media sosial daripada media massa konvensional seperti koran atau televisi. Tapi, bukan berarti media konvensional tidak bisa digunakan, karena bisa saja target market Anda ada pada posisi tidak mengakses media sosial apapun.
Misalnya saja bagi bisnis travel umrah, selain menargetkan milenial di media sosial, target pasar produk umrah Anda bisa jadi adalah golongan usia dewasa atau tua yang hanya mengakses informasi melalui media massa konvensional.
Pentingnya Membangun Brand Awareness
Sebelum bicara strategi membengun brand awareness, Anda mesti memahami terlebih dahulu apa pentingnya membangun brand awareness bagi perusahaan travel umrah Anda.

Pertama, brand awareness dapat digunakan untuk mengenalkan produk Anda kepada calon pelanggan, sehingga mereka mengenali produk Anda walaupun mungkin mereka baru pertama kali mendengar atau melihat brand Anda. Target utamanya ialah pelanggan baru yang belum pernah bertransaksi dengan perusahaan Anda.
Kedua, brand awareness bisa menarik konsumen lama Anda untuk melakukan repeat order dari produk yang Anda jualkan. Bisa juga membuat mereka membeli paket terbaru yang Anda punya, sehingga mereka tahu bahwa bisnis Anda berkembang serta memiliki inovasi baru.
Ketiga, brand awareness juga dapat digunakan untuk mengukur kinerja sebuah merk.
Nah, dengan demikian, berinvestasi untuk membangun brand awareness merupakan langkah tepat yang dapat Anda ambil untuk mengembangkan bisnis travel umrah Anda. Anda bisa membangun brand awareness dengan meningkatkan performa perusahaan Anda dengan sistem aplikasi umrah terbaik.
Strategi Membangun Brand Awareness
Berikut ini beberapa cara praktis untuk membangun brand awareness bisnis travel umrah Anda.
Menggunakan Hard Selling di Media Massa
Seperti yang sudah disinggung di awal tulisan, menggunakan iklan konvensional di media massa mempunyai keunggulan tersendiri yaitu bisa menjangkau kalangan atau target pasar tertentu yang tidak menggunakan media sosial masa kini.

Apalagi untuk produk seperti paket umrah, sasaran market yang mengonsumsi konten di media massa konvensional seperti televisi, radio, koran, brosur, baliho, dan sebagainya masih terbilang cukup hijau. Anda dapat menganggarkan biaya iklan sesuai budget yang Anda punya.
Mengunggah Konten yang Relevan di Media Sosial
Untuk target pasar baby boomers dan milenial, Anda dapat menggunakan pendekatan brand awareness dengan bantuan media sosial. Pangsa pasar di kalangan milenial cukup luas, sehingga Anda dapat memperoleh pelanggan baru dengan melakukan branding di media sosial dan media chatting seperti instagram, facebook page, twitter, youtube, whatsapp, LINE, dll.
Anda bisa melakukan marketing dengan menonjolkan konten yang relevan dan mudah diingat oleh calon konsumen Anda seperti gambar, artikel tips, konten how to di youtube, dan lainnya.
Soft Selling pada Content Marketing
Membagikan konten yang bersifat hiburan, tips bermanfaat, kisah menggugah, bahkan kisah viral bisa menjadi senjata. Mereka akan sukarela menonton konten Anda dan tanpa sadar mereka akan terpapar brand Anda. Penggunaan soft selling sangat disarankan agar konsumen tidak merasa sedang menonton iklan.
Adakan Event
Mengadakan event merupakan salah satu cara lain yang dapat digunakan. Orang menyukai kegiatan atau acara yang mempunyai nilai tambah untuk mereka seperti seminar, workshop, bazaar, lomba, dan lainnya. Anda dapat menjadi sponsor tunggal, sponsor utama agar brand travel umroh anda semakin dikenal.
Kolaborasi dengan Stakeholder
Anda dapat menggandeng para stakeholders untuk mengadakan pengenalan brand secara bersama-sama. Keuntungannya, upaya Anda akan terlihat lebih profesional jika rekanan Anda telah mempunyai tempat di hati pelanggan. Misalnya, menggandeng maskapai dan hotel ternama, bisa menaikkan brand awareness upaya Anda secara signifikan.

Pemberian Merchandise dan Giveaway
Cara yang cukup sederhana untuk digunakan untuk membangun brand awareness ialah dengan memberikan merchandise seperti mug, jam dinding, payung, tas, dan barang-barang lainnya bertuliskan brand Anda. Anda juga dapat memakai penggunaan warna yang konsisten supaya brand identity Anda semakin dikenal.
Selain merchandise, giveaway juga dapat menjadi pemikat pelanggan untuk lebih menyadari keberadaan brand travel umrah Anda. Adakan giveaway secara berkala misalnya setiap pekan atau setiap bulan di waktu yang sama supaya brand Anda lebih dikenal dan diharapkan keberadaannya.
Nah, itulah beberapa cara membangun brand awareness yang bisa Anda terapkan di bisnis travel umrah Anda. Anda dapat mengukur keberhasilan strategi promosi yang anda lakukan dengan melihat traffic website, engagement di media sosial, dan anggapan orang terhadap brand Anda.
Semakin tinggi tingkat keberhasilannya, maka peluang untuk menjual produk Anda akan terbuka lebih lebar. Selamat mencoba!