Menggunakan pendekatan emosional untuk pemasaran bisnis travel umrah kini bisa dilakukan dengan cara menggunakan psikologi marketing. Apa sih, yang dimaksud dengan psikologi marketing itu ?
Mendalami Psikologi Marketing
Psikologi marketing adalah pemahaman mengenai berbagai macam motif yang mempengaruhi emosi konsumen dan pasar pada umumnya untuk memberikan pandangan pada suatu produk dan jasa yang ditawarkan oleh penjual. Anda dapat memberikan suatu tindakan yang tepat untuk pelanggan Anda dengan cara mengkaji apa saja yang dapat menyentuh emosi mereka agar membeli produk Anda.Psikologi marketing ini juga dapat diterapkan sebagai strategi marketing usaha travel umrah Anda. Sebagai pebisnis travel umrah, Anda harus menjadi leader dan juga menyiapkan tim yang dapat mendukung strategi pemasaran menggunakan metode psikologi marketing ini.
Konsep Psikologi Marketing
Secara umum, menurut Dr. Robert Cialdini dalam bukunya yang berjudul Influence : The Psychology of Persuation, konsep strategi marketing ialah sebagai berikut:
- Timbal balik. Dalam hubungan intrapersonal, seseorang akan melakukan hal yang sama dengan apa yang ia terima dari orang lain. Kita biasanya bertindak sesuai dengan perlakuan yang kita dapatkan dari orang lain. Layani jamaah dengan baik, maka Anda akan memperoleh feedback yang baik dari jamaah Anda.
- Komitmen. Tiap jamaah tentu menginginkan bekerjasama dengan travel umrah yang jujur, terpercaya, dan profesional. Intinya, jangan suka memberikan janji bila tidak dapat memenuhi. Menjaga komitmen amatlah penting untuk meraih kepercayaan pelanggan Anda.
- Jaga wibawa. Biasanya, seseorang akan mematuhi orang yang ia jadikan figur ideal. Anda bisa menerapkannya dengan selalu menjaga wibawa Anda sebagai pemilik bisnis, sehingga muncul rasa segan atau sungkan dari para pelanggan kepada Anda. Nilai plusnya, Anda bisa mengajak pelanggan membeli produk Anda lebih mudah jika Anda punya otoritas untuk memberikan saran dan informasi.
- Jadilah terkenal. Jaga reputasi bisnis travel umrah Anda sedemikan rupa sehingga jamaah Anda akan membicarakan sisi positif dari brand Anda. Rekomendasi inilah yang biasanya dapat menghasilkan penjualan lebih banyak dari yang Anda duga, tanpa Anda harus berusaha keras untuk berpromosi.
Penerapan Psikologi Marketing Untuk Pemasaran Bisnis Travel Umrah
Setelah memahami mengenai psikologi marketing, saatnya kita ulas tentang penerapan psikologi marketing untuk pemasaran bisnis travel umrah.
Pahami Tipe Jamaah Anda
Ada beberapa tipe jamaah yang Anda perlakukan sesuai dengan karakter mereka. Pertama, ada jamaah yang sangat perhitungan. Mereka umumnya merupakan golongan orang yang tidak mau membuang uang hanya untuk mendapatkan pelayanan standar. Memberikan promo harga murah dan diskon bisa jadi senjata ampuh untuk menggarap tipe jamaah yang satu ini.Kedua, pelanggan yang royal dalam berbelanja. Bila Anda menemukan jamaah dengan tipe ini, Anda bisa menjual paket-paket umrah premium, sebab mereka tak akan menyesal mengeluarkan uang dalam jumlah banyak asalkan pelayanan Anda maksimal. Ketiga, pelanggan yang berada di tengah-tengah. Mereka kadang berpikir rasional untuk mengeluarkan uang, namun bila sudah cocok, mereka akan mau membayar walau harganya mahal. Garansi uang kembali, jaminan kepuasan, cashback bila tidak janji, merupakan kata-kata promosi yang cocok untuk mereka.
Sentuh Sisi Emosional Jamaah
Menurut para pakar neuroscience, emosi merupakan hal utama yang mempengaruhi pembelian. Maka, Anda harus bisa menemukan sisi emosional calon jamaah Anda. Kemudian, Anda dapat menggunakan pendekatan emosional tersebut untuk menghasilkan penjualan.
Contohnya, daripada membahas tentang harga, cobalah untuk mengedukasi jamaah mengenai keuntungan yang mereka dapatkan dari paket umrah yang Anda miliki. Bisa juga Anda menggunakan "umrah bareng seleb/ustad yang terkenal" untuk membuat jamaah Anda merasa harus mengikuti paket tour umrah tersebut. Nilai plus yang Anda tawarkan bisa membangkitkan emosi jamaah, sehingga mereka mau membeli tanpa melihat harga yang Anda pasang.
Mainkan Adrenalin Jamaah
Orang umumnya akan bertindak tidak rasional waktu mendekati last minute. Membuat promo terbatas waktu merupakan cara ampuh untuk memainkan adrenalin jamaah. Buat mereka "takut ketinggalan" bila tidak segera melakukan pendaftaran paket umrah promo tersebut.
Psikologi Respirokal
Cara kerja psikologi respirokal ialah sebagai berikut: jika kita diberi sesuatu, maka kita akan sulit menolak tawaran di kali kedua. Semisal saat jamaah datang mencari informasi tentang paket umrah ke kantor Anda, berikan gimmick berupa makan siang gratis, snack/minuman ringan, merchandise, atau yang lainnya. Pemberian cuma-cuma ini membuat calon pelanggan merasa perlu untuk membalas yaitu dengan membeli paket umrah Anda di saat mereka memutuskan akan membeli, alih-alih menggunakan jasa biro travel umrah yang lain.Anda bisa menambahkan pemberian berikutnya semisal ketika jamaah mendaftar, Anda berikan voucher diskon yang bisa dibagikan kepada keluarga/sanak famili mereka yang juga ingin berangkat umrah. Berapapun yang Anda berikan tidaklah masalah, mereka akan menghargai pemberian Anda. Nah, itulah metode psikologi marketing yang bisa membuat pemasaran bisnis travel umrah Anda makin berkembang. Anda juga bisa meningkatkan pemasaran Anda dengan menggunakan sistem aplikasi terintegrasi khusus travel umrah, yang dapat mendukung usaha Anda lebih maju. Semoga bermanfaat.