Metode Eksperiental Marketing - Sebagai seorang pebisnis, Anda tentunya selalu ingin meningkatkan minat konsumen terhadap produk yang Anda jual. Sebagai langkah nyata, Anda akan mencari cara-cara pemasaran terbaru yang inovatif. Salah satu metode pemasaran yang harus Anda coba ialah metode eksperiental marketing. Metode pemasaran yang dipopulerkan oleh Bernd H.Schmit ini menekankan pada sisi emosional konsumen. Schmit menuliskannya dalam buku "Experiental Marketing : How to Get Customers to Sense, Feel, Think, Act, and Relate to Your Company and Brands".
Jadi, kita dapat membuat konsumen jatuh hati dengan perusahaan kita, menggunakan produk-produk yang kita tawarkan, dan menjadi konsumen yang setia dengan melakukan pendekatan emosional berdasarkan pengalaman. Bagaimana cara menerapkan teknik eksperiental marketing ini? Jawabannya akan kami bahas secara mendalam pada artikel berikut ini.
Memahami Metode Eksperiental Marketing
Berdasarkan asal katanya yaitu experience atau pengalaman, eksperiental marketing berarti memaksimalkan pengalaman pelanggan untuk berinteraksi dengan produk kita. Jadi, kita menawarkan pengalaman emosi yang bisa membuat hati konsumen tersentuh dengan produk yang kita jual. Pengalaman emosional tersebut dapat berupa rasa keterikatan dan rasa memiliki yang dalam, karena pelanggan mendapatkan sesuatu yang ia harapkan ada pada produk tersebut.
Membahas tentang pengalaman, pelanggan akan merasa terlibat dengan suatu produk apabila mereka bisa menyentuh, mendengar, melihat. Bisa juga dengan merasakan rasa dan mencium aroma dari produk tersebut. Hal ini berlaku untuk produk fisik, dimana pelanggan bisa sepenuhnya mengindera produk yang Anda tawarkan. Baca Juga : Psikologi Marketing untuk Pemasaran Bisnis Travel Umroh Bagaimana dengan produk atau jasa yang bersifat digital? Untuk produk digital, maka pengalaman menggunakan produk tersebut dalam bentuk trial atau uji coba dapat digunakan sebagai metode eksperiental marketing.
Karakteristik Eksperiental Marketing
Karakteristik yang dapat kita pelajari dalam eksperiental marketing aialah sebagai berikut:
- Pengalaman konsumen adalah yang utama. Sesuatu yang dapat diindera oleh pelanggan, baik dengan mata, telinga, hidung, dan hati mereka, akan menimbulkan emosional dan perilaku positif pelanggan terhadap produk tersebut.
- Membentuk pola konsumsi. Setiap mengonsumsi atau menggunakan suatu produk konsumen merasakan pengalaman, maka hal itu akan membentuk pola konsumsi yang akan membuat konsumen loyal terhadap suatu produk.
- Keputusan cenderung irrasional. Eksperiental marketing menimbulkan keputusan yang tidak rasional, karena ketika sisi emosional konsumen berhasil disentuh, maka konsumen membeli bukan lagi tentang hal-hal teknis. Perilaku pelanggan pun jadi irrasional, terkadang harga mahal tidak menjadi masalah.
Fungsi Eksperimental Marketing
Lalu, apa saja fungsi dari eksperimental marketing? Ada beberapa fungsi yang dapat kita terapkan dari metode ini, diantaranya:
- Pencitraan produk/perusahaan
- Membangkitkan brand awareness
- Menonjolkan keunggulan produk dibanding pesaing
- Mengenalkan inovasi baru
- Mendukung konsumen untuk uji coba produk (trial product), pembelian (purchase), dan membangun loyalitas konsumen (loyalty).
Penerapan Eksperiental Marketing untuk Usaha Travel Umrah
Teknik pemasaran apapun akan efektif bila dilakukan secara tepat dan konsisten. Anda dapat mulai menerapkan metode eksperimental ini dengan cara memberikan simulasi umrah kepada calon jamaah Anda. Simulasi ini akrab dikenal dengan latihan manasik. Bisa juga dengan mengadakan seminar ataupun pelatihan mengenai umrah. Anda dapat memaparkan kepada calon jamaah terkait nilai ibadah umrah. Apa yang bisa mereka rasakan, kala menjalankan ibadah umrah tersebut.
Hadirkan suasana yang mewakili keindahan dan kenikmatan ibadah umrah, semisal dengan memutar video-video yang sesuai dengan kegiatan ibadah umrah. Memberikan materi atau kajian tentang umrah, berbagi kisah atau testimonial tentang umrah yang menyentuh, dan sebagainya. Sebagai pendukung, Anda bisa membuat konten-konten yang bermanfaat seperti tulisan artikel blog, foto-foto, quotes, video dan lainnya yang berkaitan dengan umrah. Upayakan untuk menyusun materi promosi yang benar-benar menyentuh hati, sehingga upaya untuk menghadirkan pengalaman berumrah yang mengesankan dapat tercapai.Baca Juga : Kapan Usaha Travel Umroh Anda Memerlukan Software Khusus?Itulah beberapa kiat yang bisa Anda lakukan dalam rangka menerapkan metode eksperiental marketing kepada travel umrah Anda. Jika Anda ingin menghadirkan pengalaman yang menyenangkan bagi para jamaah Anda, cobalah untuk memberikan pengalaman lebih mudah serta menyenangkan kepada jamaah Anda untuk mengakses materi promosi yang Anda persiapkan menggunakan software khusus travel umrah yang kami desain khusus untuk Anda.