Sosial Media untuk Promosi - Promosi produk dan jasa saat ini lebih mudah dengan memanfaatkan sosial media. Dengan memanfaatkan sosial media dan dengan dukungan jangkauan internet yang semakin luas, masyarakat lebih mudah memperoleh informasi tentang bisnis travel umrah Anda.Ada beberapa aplikasi sosial media yang bisa Anda pakai untuk memasarkan produk paket umrah Anda, antara lain facebook, instagram, twitter, dan youtube. Setiap media sosial memiliki karakteristik yang berbeda-beda, Anda bisa mengatur postingan iklan Anda sesuai dengan karakteristik tersebut.
Apakah Kita Bisa Berjualan di Sosial Media?
Seperti yang sudah kita ketahui, sosial media adalah aplikasi yang bisa menghubungkan kita dengan orang lain baik itu keluarga, kerabat, teman, sesama alumni, rekan kerja, kenalan, dan lainnya. Biasanya, orang membuat sosial media agar bisa berinteraksi dengan teman. Jarang orang yang sengaja ingin membeli sesuatu di media sosial. Apabila ada, mereka biasanya membeli ke rekan yang mereka kenal, sebatas membeli lantaran mereka tahu teman mereka memasarkan produk yang mereka inginkan.Bahkan, orang-orang di media sosial cenderung enggan melihat iklan. Mereka akan melewati begitu saja iklan yang muncul di newsfeed mereka, kecuali teknik beriklan yang diterapkan penjual tidak terasa seperti iklan. Inilah yang kerap disebut dengan iklan terselubung. Nah, sebab orang tidak suka menonton orang berjualan di media sosial, bagaimana bisa kita berpromosi produk kita kepada calon pelanggan? Pastinya, kita harus mempunyai teknik-teknik beriklan yang baik di sosial media.
Teknik Promosi di Sosial Media
Berpromosi di sosial media sebenarnya mudah. Kita harus pandai-pandai dalam membuat postingan di sosial media, lalu tingkatkan interaksi kita dengan teman atau followers kita sehinggsupaya mereka dapat terus terhubung dengan kita. Algoritma sosial media umumnya terus berubah, sehingga Anda harus tetap terhubung dengan teman dan followers Anda dengan cara terus berinteraksi dengan mereka melalui like, comment and share.Pertama, kita coba membahas media sosial yang populer digunakan untuk promosi yakni Facebook. Anda harus membuat sebuah akun facebook, selanjutnya carilah konsumen yang Anda targetkan untuk menjadi pelanggan bisnis travel umrah Anda. Anda dapat membuat postingan facebook berupa tulisan, gambar, dan video untuk menarik perhatian pengguna facebook yang menjadi teman Anda. Perlu diingat, Anda tidak boleh beriklan terlalu sering. Sebab, jika Anda hanya mengunggah mengenai jualan Anda, maka teman Anda akan jenuh. Bahkan bisa mereka meng-unfriend akun Anda. Sebisa mungkin, buatlah postingan yang natural. Anda dapat menggunakan gaya bahasa bercerita, misalnya ketika menceritakan bagaimana proses umrah yang biasanya dilakukan oleh travel umrah Anda. Gunakan bahasa yang ringan, dengan diselingi iklan soft selling.Baca Juga: Tips Ampun Menaikkan Penjualan Paket Umrah dengan Iklan Soft SellingKedua, Anda bisa menggunakan media sosial instagram untuk media promosi Anda. Anda dapat mengunggah konten berupa gambar dan video yang menarik dan kreatif. Sebab di instagram mengedepankan kualitas gambar yang keren, maka usahakan hanya mengunggah gambar yang benar-benar bagus.
Buatlah postingan yang mengundang followers untuk aktif memberikan love, dan komen. Anda bisa sesekali membuat giveaway, atau menggunakan metode OLOC (one like one comment), untuk meningkatkan performa instagram Anda. Umumnya ada komunitas atau grup yang mewadahi kegiatan OLOC ini.
Tampilkan Testimoni Jamaah
Untuk meningkatkan kepercayaan konsumen di media sosial, Anda dapat membuat satu album khusus testimoni jamaah yang Anda kumpulkan dari jamaah yang pernah Anda berangkatkan. Anda bisa meminta testimoni tersebut pada jamaah Anda, kemudian Anda bagikan di media sosial Anda sebagai bukti bahwa bisnis Anda bukan abal-abal. Jika menggunakan instagram, Anda bisa membuat akun khusus untuk menampilkan testimoni jamaah Anda, sehingga tampilan feeds instagram Anda tetap rapi.
Hindari Hal ini dalam Menggunakan Sosial Media untuk Promosi Bisnis
Dalam berpromosi di media sosial, hendaknya hindari menawarkan dengan iklan yang bombastis atau berlebihan. Buatlah dengan jujur dan gunakan kata-kata yang sopan dan bernilai. Terlebih bila yang Anda promosikan ialah paket ibadah umrah. Pastinya, materi promosi Anda juga harus sesuai dengan apa yang Anda jual.Baca Juga : SEO Marketing untuk Mendongkrak Penjualan Paket UmrahSeperti yang kita bahas di awal tadi, tujuan berpromosi di sosial media ialah untuk meningkatkan reputasi kita di hati konsumen. Jangan berharap langsung closing saat beriklan di sosial media. Tapi arahkan ke corong-corong penjualan yang sudah Anda persiapkan, misalnya melalui jalur pribadi whatsapp atau email. Nah, demikian cara menggunakan media sosial untuk promosi bisnis travel umrah Anda. Jika Anda ingin lebih efisien dalam mengelola travel umrah Anda, silahkan mencoba software khusus travel umrah yang lengkap dan efisien dari Erahajj. Dijamin, Anda akan lebih mudah dalam mengelola perusahaan biro travel umrah Anda.