Setiap bisnis pastinya ingin berkembang seiring waktu. Begitu juga dengan bisnis travel umrah. Perlu adanya usaha untuk meningkatkan kualitas produknya bagi jamaah, supaya dapat memberikan pelayanan ibadah umrah yang optimal. Oleh karena itu, diperlukan strategi untuk meraih kepuasan jamaah, salah satunya ialah menggunakan manajemen kualitas.
Manajemen kualitas adalah strategi untuk meningkatkan kualitas produk atau jasa, agar produk & jasa yang dihasilkan oleh perusahaan lebih terjaga kualitasnya. Selain itu, manajemen kualitas ditujukan untuk menghindari kesalahan pada produk dan layanan yang diberikan kepada pelanggan.
Travel umrah memiliki layanan seputar pemberangkatan umrah & haji. Selain itu, ada pula lini penyediaan produk perlengkapan umrah, jasa pengurusan dokumen, penjualan oleh-oleh umrah dan haji, penjualan tiket, serta layanan lain contohnya halal trip. Dengan begitu, banyak hal yang harus betul-betul dijaga kualitasnya, supaya citra yang terbentuk bisa membuat pelanggan percaya kepada travel.
Raih Kepercayaan Pelanggan, Bisa Meningkatkan Penjualan
Seperti yang diketahui, bisnis travel umrah mengedepankan kepercayaan jamaah yang memakai jasa perusahaannya. Tak jarang, travel mendapat rekomendasi jamaah baru melalui getok tular para jamaahnya yang merasa puas dengan pelayanan yang diberikan travel saat mereka berumrah melalui travel tersebut.
Kekuatan rekomendasi atas dasar kepercayaan pelanggan tersebut menjadi modal dasar bagi travel untuk bisa meningkatkan kualitas layanannya. Hal ini bisa dilakukan apabila perusahaan mempunyai sistem khusus untuk follow up pelanggan lama, serta sistem untuk mengelola pelanggan baru. Dalam dunia bisnis, hal ini biasanya dikerjakan dengan menggunakan fitur Customer Relationship Management (CRM).
Kuncinya adalah pada data yang dikumpulkan oleh perusahaan. Travel umrah bisa mengumpulkan data melalui kuesioner yang disebar oleh perusahaan kepada jamaah yang telah berangkat umrah. Melalui hasil kuesioner tersebut, travel bisa menentukan bagaimana cara meningkatkan kualitas layanannya.
Contohnya saja, pelanggan diberi pertanyaan mengenai bagaimana kinerja pembimbing selama di tanah suci. Bisa juga pertanyaan seputar makanan yang diberikan, serta pelayanan secara keseluruhan dari awal berangkat hingga kepulangan.
Suara konsumen tersebut merupakan saran berharga bagi perusahaan agar manajemen kualitas travel umrah bisa dijalankan secara optimal. Lalu, bagaimana agar manajemen kualitas ini dapat diimplementasikan pada bisnis travel umrah?
Penggunaan Sistem Digital Travel Umrah untuk Mendukung Manajemen Kualitas Perusahaan
Sistem digital travel umrah merupakan solusi bagi travel yang ingin manajemen kualitas perusahaannya dapat diterapkan dengan optimal. Penggunaan sistem digital travel dapat memudahkan proses manajemen travel, sehingga kualitas pelayanannya dapat ditingkatkan dari waktu ke waktu.
Travel umrah yang masih mempertahankan sistem konvensional dalam operasional travelnya, pasti akan sangat tertinggal dari pesaingnya yang telah beradaptasi ke sistem digital. Bagaimana tidak, perumpamaannya travel konvensional masih berjalan kaki atau naik sepeda, sedangkan travel lain sudah melesat menggunakan jet, memanfaatkan teknologi terbaru dengan memakai sistem travel umrah yang lengkap dan terintegrasi.
Pastinya, kualitasnya akan jauh berbeda. Karena, travel yang sudah menggunakan software digital dapat menyederhanakan rutinitas bisnisnya, sehingga pekerjaan yang biasanya bisa ditangani oleh 2-3 orang, kini dapat dikerjakan oleh 1 orang saja. Pekerjaan yang biasanya butuh diselesaikan berhari-hari, kini bisa diselesaikan 1-2 jam saja. Hal ini disebabkan sistem digital travel yang mumpuni bisa mengotomatisasi beragam aktivitas berulang yang ada di travel.
Inilah inovasi yang bisa dimanfaatkan oleh pebisnis travel umrah supaya dapat meningkatkan kualitas travelnya. Apalagi jika sistem digital travel umrah yang mereka gunakan memiliki fitur yang lengkap dan terintegrasi, sehingga satu sistem saja sudah mencakup seluruh kebutuhan travel dari hulu ke hilir.
Kaitannya dengan manajemen kualitas, sistem digital travel yang memiliki fitur CRM bisa digunakan untuk mempraktekkan strategi manajemen kualitas agar jamaah makin puas dengan layanan dari travel umrah tersebut.
Kualitas Terjaga, Pelanggan Makin Loyal
Nah, saat travel umrah sudah menerapkan manajemen kualitas layanannya dengan maksimal, maka tinggal tunggu waktu untuk menuai hasilnya. Sebagai pemilik bisnis travel, pastinya akan terus mencari cara agar bisnisnya tetap eksis. Salah satunya adalah dengan mempunyai pelanggan yang loyal.
Masyarakat kini tidak hanya berumrah sekali, namun bisa berkali-kali. Bahkan sudah menjadi agenda tahunan bagi yang mampu melaksanakan. Belum lagi jika mereka dapat membawa jamaah lain, misalnya pemilik perusahaan yang rutin memberangkatkan umrah karyawannya. Pelanggan seperti inilah yang butuh mendapatkan perhatian supaya dapat dimaksimalkan follow up-nya.
Jadi, sudahkah bisnis travel Anda memakai sistem digital travel untuk meningkatkan manajemen kualitas bisnis Anda? Jangan sampai salah pilih ya, pilihlah software travel umrah terlengkap dan terintegrasi untuk memaksimalkan bisnis travel umrah Anda!