Pada artikel sebelumnya, Anda sudah mengenal beberapa Enterprise Resource Planning (ERP) yang dapat membantu Anda dalam mengelola bisnis. Bisa dibilang, perusahaan yang masih mengelola bisnisnya dengan cara manual akan sangat tertinggal karena sekarang ini zamannya sudah serba digital.
Bukan hanya bicara manajemen operasional seperti administrasi & keuangan saja yang harus mendapat perhatian. Anda juga dapat memanfaatkan ERP untuk membantu Anda dalam mengelola karyawan atau SDM yang ada di perusahaan Anda.
Pengelolaan karyawan yang tepat bisa menjadi kunci sukses usaha Anda. Jika karyawan Anda bekerja sesuai dengan aturan, maka Anda bisa memaksimalkan performa mereka untuk mencapai tujuan. Manajemen karyawan mencakup hal-hal berikut ini :
Perekrutan
Mendapatkan talenta-talenta terbaik berawal dari proses perekrutan yang benar. Anda harus mengatur tentang persyaratan calon karyawan yang akan bergabung di perusahaan Anda. Termasuk melakukan serangkaian tes dan wawancara, serta mengolah hasil penilaian dari tes tersebut.
Seleksi karyawan akan semakin mudah bila Anda memanfaatkan sistem ERP. Jadi, Anda tidak perlu pusing dengan pengelolaan data karyawan baru beserta proses rekrutmennya, karena semuanya dapat dicatatkan di sistem.
Data Karyawan
Pengelolaan karyawan berikutnya adalah mengumpulkan database karyawan perusahaan Anda. Data utama seperti informasi umum, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, informasi cuti, dan lain-lain bisa Anda manage dengan lebih mudah memakai sistem. Jadi, tidak perlu bingung mencari data karyawan di saat Anda membutuhkannya.
Kinerja Karyawan
Berikutnya adalah kinerja karyawan. Idealnya, tim Anda bisa membuat rencana kerja, serta bisa memasukkan data laporan kerja harian (daily report) supaya Anda dapat memantau kinerja karyawan Anda secara realtime. Termasuk pula absensi harian, sehingga Anda bisa memantau kedisiplinan karyawan Anda.
Hal ini bisa dilakukan jika Anda memakai sistem ERP yang tepat, sehingga karyawan Anda dapat lebih termotivasi dalam pekerjaannya karena adanya laporan kerja yang harus dipertanggungjawabkan oleh masing-masing karyawan.
Payroll
Tak kalah penting, payroll atau penggajian merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan yang ingin memberikan hak karyawan secara cermat. Anda dapat mengelola detail penggajian sesuai dengan kebijakan serta performa tiap karyawan. Jadi, tidak ada lagi cerita salah transfer gaji, karena perhitungan gaji yang kurang sesuai.
Nah, bila ingin bisnis Anda lebih maju, kini saatnya Anda beradaptasi ke sistem digital untuk mengelola SDM yang ada di perusahaan Anda. Pilih ERP yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk travel umrah, Anda tak perlu lagi membeli aplikasi Human Resources (HR) terpisah jika Anda sudah berlangganan sistem digital Erahajj.
Ya, Erahajj menyediakan fitur Manajemen SDM yang dapat memudahkan Anda dalam mengelola SDM yang ada di perusahaan bisnis Anda. Anda bisa melengkapi database karyawan, monitoring performa, hingga manajemen data payroll secara detail dengan satu sistem saja. Mudah, bukan?
Apabila Anda tertarik mencobanya, segera hubungi tim Customer Support Erahajj untuk memperoleh informasi lebih lanjut dan aktivasi sistemnya. Selamat mencoba!