Menjelang akhir tahun, biasanya para pebisnis sudah mulai untuk melakukan evaluasi tahunan. Baik dari sisi kinerja karyawan, atau keuangan mereka. Sehingga, tim mereka pun menjadi lebih sibuk untuk mempersiapkan data-data yang diperlukan guna mengevaluasi kinerja perusahaan bisnisnya.
Namun, ada pula yang masih bingung hanya sekedar menyiapkan data yang diperlukan. Sebab, bisnisnya masih menggunakan cara manual yang mengakibatkan datanya serba manual dan tidak rapi. Bila travel Anda masih begini, Anda perlu waspada, karena Anda tidak akan bisa mengevaluasi bisnis secara menyeluruh jika administrasi serta keuangan perusahaan Anda manajemennya tidak rapi,
Lalu, apa saja sih hal-hal yang harus dipersiapkan travel menjelang akhir tahun? Setidaknya ada 3 hal yang harus Anda siapkan. Yuk, simak penjelasannya pada artikel berikut!
Data Administrasi yang Rapi
Data penjualan merupakan hal yang krusial karena dari data inilah Anda bisa mengetahui kinerja perusahaan. Bukan cuma itu, kinerja karyawan Anda seperti sales juga mengacu pada data penjualan yang rapi.
Anda bisa mengevaluasi apakah paket umrah yang Anda tawarkan sudah cukup bersaing dengan travel yang lain, atau justru masih kalah dengan travel lain. Anda juga bisa mengevaluasi pemberangkatan untuk mengetahui apa saja yang bisa Anda improvisasi dari pelayanan travel Anda.
Data administrasi atau data penjualan serta data pemberangkatan yang rapi bisa Anda peroleh bila Anda menggunakan sistem manajemen travel umrah, supaya Anda tidak bingung seperti saat menerapkan cara manual menggunakan kertas maupun file Excel.
Data Keuangan yang Rapi
Selain data administrasi, salah satu data yang Anda perlukan adalah data keuangan. Anda dapat mengolah laporan keuangan secara akurat jika Anda memiliki data keuangan yang rapi. Semakin detail data yang Anda miliki, semakin bagus & akurat pula laporan keuangan yang akan dihasilkan.
Miliki data keuangan yang rapi dengan sistem pencatatan digital memakai sistem keuangan yang sesuai dengan kaidah akuntansi. Sehingga, pencatatan keuangan bisnis Anda menjadi lebih mudah, & bisnis Anda bisa dipantau dengan melihat laporan keuangan bulanan serta tahunan.
Bayangkan bila semua masih manual, betapa banyak tugas yang harus tim Anda selesaikan di akhir tahun. Nah, sudah tahu kan perbandingannya, mengapa travel harus segera beralih ke pencatatan digital yang terintegrasi, tak lain supaya tim Anda bisa lebih cepat dan mudah dalam menyusun laporan keuangan di akhir tahun.
Laporan Keuangan
Setelah mendapatkan data keuangan yang rapi, Anda bisa memproses laporan keuangan tahunan yang lengkap dan akurat. Dalam pembuatan laporan keuangan untuk bisnis travel, ada cara yang lebih mudah daripada menyusunnya satu per satu yaitu dengan menggunakan sistem terintegrasi, yang dapat mengolah laporan keuangan secara otomatis.
Jadi makin ringan, bukan, tugas tim travel Anda?
Nah, dari pemaparan di atas, sudah tentu travel yang mau berkembang akan segera beradaptasi dengan sistem digital untuk pengelolaan travelnya. Jangan sampai terlambat, kesuksesan Anda dimulai dari keputusan Anda hari ini untuk membeli sistem digital travel agar travel Anda semakin maju.
Jangan sampai akhir tahun depan, Anda masih berada pada kondisi yang sama ya! Segera aktifkan sistem manajemen travel terintegrasi sekarang juga!