Pada akhir Desember 2023, pemerintah resmi mengganti e-KTP dengan Identitas Kependudukan Digital (IKD). IKD adalah dokumen kependudukan di aplikasi digital yang dapat diakses melalui smartphone.
Masyarakat dapat mengaktifkan IKD di Dukcapil, dengan membawa persyaratan seperti e-KTP, email, nomor ponsel aktif dan smartphone untuk mengunduh aplikasi IKD di Play Store atau App Store.
IKD mempunyai keunggulan dibanding e-KTP antara lain adanya integrasi data seperti BPJS, NPWP, kartu vaksin, serta DPT Pemilu. Selain itu, IKD bisa memudahkan pelayanan publik, karena masyarakat tak perlu lagi membawa fotokopi KTP. Nantinya, untuk mengurus layanan publik, Anda cukup menunjukkan Quick Response/QR pada aplikasi IKD.
Lalu, bagaimana cara aktivasi IKD?
Pengurusan IKD ternyata cukup mudah. Anda hanya perlu datang ke Dukcapil dengan membawa persyaratan yang diminta. Lalu, ikuti langkah-langkah berikut untuk proses aktivasinya, yang akan dipandu oleh petugas Dukcapil.
- Unduh aplikasi IKD di Play Store/App Store
- Login dengan memasukkan NIK, email dan nomor ponsel, kemudian tekan tombol verifikasi data
- Lakukan verifikasi wajah dengan memilih menu ambil foto
- Scan QR Code yang ada pada Dukcapil
- Buka akun email yang terdaftar, lalu periksa kode aktivasi
- Masukkan kode aktivasi dan captcha pada aplikasi IKD
- IKD Anda pun sudah aktif
Transformasi e-KTP menjadi IKD adalah terobosan untuk memaksimalkan pelayanan publik secara digital. Anda tak perlu lagi membawa e-KTP maupun fotokopinya lagi, sehingga menghemat anggaran untuk proses cetak e-KTP. IKD juga lebih praktis karena tinggal diakses di smartphone saja.
Namun, karena penerapan IKD masih bertahap, Anda masih perlu membawa e-KTP jika sewaktu-waktu diperlukan. Pemanfaatan digitalisasi untuk identitas kependudukan ini patut diapresiasi karena pemerintah sigap beradaptasi dengan kemajuan teknologi digital.
Nah, kalau KTP saja sudah bertransformasi digital, giliran bisnis Anda yang juga beradaptasi digital dengan menggunakan sistem digital yang tepat. Segera beralih ke sistem digital travel Erahajj untuk mempermudah Anda dalam manajemen database, transaksi, pembayaran, keuangan, inventory, HR, dan CRM.
Dengan memakai sistem terintegrasi, bisnis Anda akan lebih mudah bersaing dengan para kompetitor Anda, karena bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman. Yuk, segera aktivasi sistem Erahajj untuk bisnis travel Anda!