Transformasi digital terbukti membawa dampak positif bagi bisnis. Dilansir oleh techinasia.id PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) menjadi merek yang paling bernilai di Asia Tenggara pada tahun 2023.
Brand BCA mencapai nilai $23 miliar atau setara Rp356 triliun. BCA dapat mencapai hal ini karena perusahaannya berinisiatif untuk bertransformasi digital, mulai dari mobile banking & layanan digital lainnya.
Berdasarkan laporan dari Kantar, sebuah perusahaan konsultasi dan data global, BCA adalah satu-satunya merek Asia Tenggara yang berhasil masuk ke jajaran brand paling bernilai di seluruh dunia. BCA berada pada posisi ke-74 dari 100 merek paling bernilai.
Angka yang diraih BCA melampaui brand-brand lainnya seperti BRI, DBS, serta UOB. Meskipun brand global mengalami penurunan sebesar 20% secara keseluruhan dibanding tahun 2022, namun BCA masih mengalami pertumbuhan tahunan. Hal ini cukup menggembirakan, karena BCA bisa mencapai pertumbuhan sebesar 12%.
Meski secara ekuitas merek menjadi paling bernilai, namun laba yang diperoleh BCA lebih rendah. BCA menjadi unggul dalam merek karena kemampuannya dalam menciptakan permintaan & mempengaruhi pilihan customer. BCA bertransformasi digital dalam layanan mobile banking dan e-walletnya, sehingga minat pelanggan untuk bertransaksi pun meningkat.
Belajar dari BCA, setiap bisnis dapat memperkuat brand-nya menjadi lebih bernilai dengan menggunakan teknologi untuk transformasi digital. Di era serba digital seperti ini, fokus mengembangkan bisnis ke arah digitalisasi guna meningkatkan kepercayaan customer. Konsumen juga sudah semakin sadar digital, sehingga jika perusahaan tidak mampu melayani kebutuhan mereka maka akan disalip oleh kompetitor yang memahami peluang dibalik digitalisasi ini.
Itulah mengapa, setiap bisnis|perusahaan) harus mulai digitalisasi. Contohnya adalah bisnis travel yang dapat memulai adaptasi digital dengan cara menggunakan sistem digital untuk travel umrah dan haji. Anda bisa memakai sistem digital terintegrasi untuk mengakselerasi perusahaan Anda agar tidak tertinggal dari kompetitor-kompetitor Anda.
Segera berpindah ke sistem digital untuk perubahan nyata menjawab tantangan di era global ini. Aktifkan sistem digital terintegrasi Erahajj untuk mendukung langkah perubahan Anda dari cara konvensional menuju transformasi digital bisnis travel umrah!