Setiap pebisnis memiliki formula untuk menjadikan bisnisnya makin berkembang dan sukses. Begitu juga pada bisnis travel Anda. Anda bisa membuat bisnis Anda menjadi sukses dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan empati kepada jamaah atau pelanggan Anda.
Sebelum membuat sebuah produk atau layanan, kita harus bisa menempatkan diri menjadi konsumen, untuk bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan kita. Cobalah untuk berdiri di atas “sepatu” pelanggan, maka Anda akan menemukan berbagai celah yang bisa Anda isi supaya dapat menghadirkan solusi bagi permasalahan pelanggan Anda.
Bagaimana empati bisa menjadi titik awal kesuksesan bisnis Anda? Yuk, simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!
Pertama, lihatlah dari sudut pandang konsumen. Sebagai pebisnis biasanya kita hanya memandang dari sudut pandang pengusaha saja. Bagaimana menghasilkan profit yang lebih banyak dengan modal yang sedikit. Padahal, bila kita mau merasakan sejenak bagaimana bila kita berada di sisi customer, kita akan mempunyai jauh lebih banyak referensi agar bisa menghadirkan pelayanan yang lebih baik bagi pelanggan kita.
Misalnya di travel umrah, Anda bisa menempatkan diri menjadi jamaah umrah yang ingin beribadah dengan tenang dan khusyu. Pastinya, Anda ingin pengurusan administrasi bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala. Perlengkapan diberikan sesuai dengan kebutuhan, serta mendapatkan muthawwif yang berpengalaman.
Hal ini akan mudah diwujudkan apabila bisnis Anda telah didukung dengan teknologi yang maju, sehingga pelayanan administrasi dapat lebih mudah & cepat. Penyerahan perlengkapan pun tertata dengan baik, sehingga pelanggan Anda tidak takut tidak kebagian perlengkapan maupun kendala teknis lainnya.
Kedua, empati menghadirkan totalitas. Anda yang dapat berempati kepada pelanggan Anda tentu akan lebih total dalam memberikan pelayanan. Anda sendiri sebagai jamaah tentu ingin dilayani dengan sepenuh hati tanpa membeda-bedakan customer. Jika terlayani dengan baik, jamaah akan merasa nyaman beribadah umrah dengan travel Anda dan akan menghasilkan repeat order karena jamaah merasa puas. Mereka akan merekomendasikan usaha Anda kepada calon pelanggan lain dengan senang hati berkat totalitas pelayanan yang Anda hadirkan.
Ketiga, menciptakan formula paling pas. Saat membuat paket umrah, Anda tentu mempertimbangkan berbagai hal, sehingga Anda bisa menghadirkan pelayanan yang sesuai dengan apa yang pelanggan butuhkan. Anda juga bisa menyusun harga yang pantas bagi jamaah, memastikan apa yang mereka terima sudah sesuai dengan apa yang mereka bayar. Tanpa empati kepada customer, maka bisnis Anda mungkin hanya berorientasi kepada profit tanpa mempertimbangkan hak-hak konsumen Anda.
Demikian tips supaya bisnis Anda semakin berkembang dan sukses dengan mengedepankan empati kepada pelanggan-pelanggan Anda. Jika ingin bisnis Anda lebih maju, jangan ragu untuk menggunakan Erahajj yang bisa membuat manajemen bisnis Anda lebih rapi. Anda pun bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi jamaah Anda! Selamat mencoba!