Bicara masalah penjualan, tentunya ada kaitannya dengan pelanggan yang akan membeli produk atau jasa kita. Ketika kita berusaha membuat produk yang dibutuhkan oleh pelanggan, pastinya kita harus mau meluangkan sedikit waktu untuk mendengarkan apa kata konsumen. Ketika pelanggan mengungkapkan kebutuhan dan keinginannya, kita berpeluang untuk menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.
Oleh karena itu sangat penting bagian penjualan atau tim sales and marketing meluangkan waktu bagi para customer-nya untuk menggali kebutuhan mereka. Misalnya saja di bisnis travel umrah yang Anda kelola, Anda dapat melakukan follow up rutin kepada jamaah Anda yang sedang menunggu tanggal keberangkatan. Anda juga bisa melakukan follow up kepada prospek yang telah Anda jaring leads-nya, sehingga Anda bisa menjual paket umrah yang tepat bagi mereka.
Jangan menganggap tak penting aktivitas mendengarkan pelanggan ini. Meski nampaknya buang-buang waktu, kita dapat mendengar jamaah, kemudian memposisikan diri kita sebagai pelanggan. Kita akan semakin mengerti apa yang dibutuhkan oleh jamaah kita, sehingga dalam membuat paket atau pelayanan umrah & haji, kita bisa menghadirkan paket yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan jamaah sekarang ini.
Jadi, kita benar-benar dapat merasakan dari sudut pandang jamaah sendiri, bukan hanya berasumsi bahwa kita telah melakukan pelayanan yang terbaik bagi jamaah kita. Salah satu tips supaya kita bisa merekam apa yang dimaksud pelanggan kita adalah dengan memakai fitur Customer Relationship Management atau CRM. Ketika data tentang obrolan kita dengan pelanggan terekam dengan baik, maka kita bisa dengan mudah melakukan evaluasi, serta follow up lebih lanjut.
Untungnya, sekarang ini ada software manajemen travel umrah seperti Erahajj yang telah dilengkapi dengan fitur CRM. Anda bisa membuat catatan yang detail kapan Anda melakukan follow up kepada jamaah maupun prospek Anda. Anda juga bisa mendelegasikan dengan mudah prospek tersebut kepada tim lainnya, sehingga bila ada tim yang belum bisa follow up lagi, tim lainnya bisa dengan mudah melakukan follow up. Dengan demikian, Anda tak akan kehilangan prospek yang potensial, serta bisa menghasilkan lebih banyak penjualan.
Untuk jamaah sendiri, Anda juga bisa melakukan follow up secara berkala. Bersilaturahmi memang membuka rezeki. Dengan aktif mengobrol dengan pelanggan Anda, Anda akan lebih dekat dengan jamaah, serta bisa menggali lebih dalam lagi kebutuhan jamaah Anda. Hasilnya, Anda akan lebih mudah dalam melakukan inovasi terkait dengan pelayanan pelanggan ketika berada di tanah suci. Anda juga bisa membuat paket yang lebih menjual, berkat masukan-masukan dari pelanggan Anda.
Itulah tips laris jualan dengan jalan mendengarkan “suara pelanggan” Anda. Apabila Anda ingin mengoptimalkan penjualan Anda, dapat dicoba ya cara-cara di atas. Jangan lupa untuk memaksimalkan hubungan Anda dengan pelanggan dengan memakai fitur CRM dari Erahajj. Erahajj mendukung travel Anda lebih berkembang dengan fitur yang lengkap dan terintegrasi.
Segera aktifkan sistem Erahajj untuk bantu meningkatkan penjualan di bisnis travel umrah Anda!