Bagi Anda yang berbisnis travel umrah, tentunya ingin menaikkan penjualan Anda agar usaha Anda kian maju. Alih-alih mengadopsi strategi marketing yang tepat, Anda justru berjualan secara asal-asalan sehingga jualannya sekadar berjualan tanpa ada goals yang jelas.
Ini sering terjadi pada perusahaan yang tak menerapkan konsep pembelajaran pada setiap proses bisnisnya. Idealnya, setiap tim terutama tim marketing harus meng-upgrade ilmu jualannya agar ketika menjalankan aksinya untuk menjual paket umrah mereka memahami apa yang mereka kerjakan dengan baik. Kuncinya ada pada pola pikir yang ada pada tim tersebut.
Sebagai contoh, dalam customer journey atau marketing funnel ada 5 tahapan yang harus dilalui agar proses marketing berjalan & berubah menjadi sistem yang berkelanjutan. Perjalanan dalam closing jamaah baru sampai jadi loyal customer harus dijalankan dengan cermat supaya pada akhirnya proses marketingnya bisa berjalan secara otomatis.
Oleh karena itu, penting sekali untuk memahami dan mempelajari 5 tahapan corong pemasaran berikut ini, agar jualan paket umrah di bisnis travel Anda tidak jalan ditempat. Bagaimana, siap untuk mengubah cara berjualan Anda? Yuk kita simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!
Lima Tahapan Marketing Funnel untuk Meningkatkan Penjualan
- Awareness (Perkenalan)
Pada tahap pertama ini, anggap customer belum mengenal brand Anda. Fokuslah untuk memperkenalkan brand yang Anda punya, nilai apa yang bisa Anda berikan kepada mereka, sehingga customer harus membeli produk dari perusahaan Anda.
Iklan yang Anda buat tidak untuk membuat mereka membeli, apalagi memaksa mereka membeli. Goal-nya adalah customer mengenal brand Anda dengan baik, sehingga saat mereka membutuhkan produk yang Anda jual mereka akan teringat dengan usaha Anda.
Pada tahapan ini, tidak perlu memberikan potongan harga kepada pelanggan yang baru akan membeli produk Anda karena yang terpenting adalah membuat brand Anda melekat di benak calon pelanggan Anda.
- Consideration (Mulai Tertarik)
Customer Anda mulai mengenal & mulai tertarik dengan brand Anda. Ini ditandai dengan mereka aktif bertanya kepada Customer Support Anda untuk meyakinkan diri mereka apakah benar-benar ining membeli produk yang Anda jual.
Sebagai travel, berfokuslah untuk mengedukasi jamaah Anda apa keuntungan yang dapat mereka dapatkan jika memilih bisnis Anda sebagai partner untuk beribadah umrah.
- Conversion (Konversi)
Jamaah yang sudah mendapat informasi yang cukup, akan membeli produk di bisnis Anda. Tugas tim Anda adalah menghadirkan pelayanan supaya tetap prima, sehingga Anda dapat menjaga kualitas yang Anda miliki. Layanan purna jual yang baik akan membuat jamaah Anda merasa nyaman dan merasa tak salah pilih.
Berikan pengalaman pengguna yang baik, sehingga jamaah Anda memiliki pengalaman berumrah yang lancar, aman dan nyaman bersama travel umrah Anda. Hal ini akan membuat mereka tak segan memberikan testimoni yang baik untuk bahan promosi Anda selanjutnya.
- Loyalty (Loyalitas)
Pelanggan yang sudah memiliki pengalaman yang baik dengan bisnis Anda tentu akan mengingat Anda kapanpun mereka ingin umrah lagi. Mereka juga akan melakukan repeat order, apabila ada kerabat atau rekan yang ingin berumrah.
Jaga kesetiaan pelanggan dengan memberi benefit-benefit khusus apabila mereka ingin menggunakan jasa travel umrah Anda lagi. Tawarkan juga keuntungan apabila mereka mau menjadi pelanggan setia di travel Anda.
- Advocacy (Rekomendasi dari Customer)
Puncak dari seluruh kegiatan marketing yang sudah Anda jalankan di atas adalah jamaah Anda mau memberikan rekomendasi kepada calon pelanggan yang lain untuk bertransaksi di perusahaan Anda. Bahkan mereka mau melakukannya dengan sukarela, sehingga Anda bisa menjual dengan lebih cepat & tersistem.
Jika Anda berhasil melewati tahap terakhir ini, akan sangat mempermudah tim marketing Anda untuk mencapai target penjualan. Anda pun bisa berfokus untuk mempertahankan reputasi yang sudah Anda bangun sehingga bisnis Anda makin terpercaya.
Nah, itulah beberapa tips yang bisa kami berikan untuk Anda supaya aktivitas marketing di bisnis Anda tidak hanya sekadar berjualan. Fokus untuk membangun kepercayaan terhadap brand Anda, selalu berikan value atau nilai lebih kepada jamaah, dan tingkatkan pelayanan di bisnis Anda dengan menghadirkan yang terbaik bagi pelanggan Anda.
Bagi Anda yang ingin menguatkan marketing di travel Anda, cobalah dengan mulai beradaptasi digital untuk bisnis travel Anda. Bisnis yang sudah terdigitalisasi, akan lebih mudah dan cepat untuk berkembang karena dapat bersaing untuk memenuhi permintaan market. Apabila Anda masih bertahan dengan cara manual, banyak waktu dan kesempatan yang akan terbuang sehingga bisnis Anda pun akan jalan di tempat.
Segera berlangganan sistem manajemen travel umrah terlengkap & terintegrasi Erahajj untuk membantu bisnis Anda naik kelas!