Setiap bisnis pasti memiliki cara untuk meningkatkan penjualan produknya. Bisa dengan menjalankan berbagai strategi pemasaran, atau dengan mendesain produk yang diunggulkan. Jika Anda memilih yang kedua, maka Anda bisa menciptakan Halo Effect untuk leverage keseluruhan produk Anda.
Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan Halo Effect? Bagaimana Halo Effect bisa menjadi pendongkrak untuk penjualan bisnis Anda? Yuk, simak penjelasannya pada artikel berikut ini.
Mengenal Halo Effect
Halo Effect adalah bias kognitif yang terjadi saat kesan positif awal berpengaruh pada penilaian secara keseluruhan. Biasanya, Halo Effect ini terjadi kala wawancara kerja, penilaian atasan saat di tempat kerja, hingga kesan ketika pertama kali bertemu seseorang.
Teori yang dipopulerkan oleh Edward L. Thorndike ini membawa dampak yang signifikan terutama pada tingkat penerimaan kandidat yang telah melakukan wawancara kerja. Namun, tidak terbatas pada dunia kerja saja. Halo Effect juga dapat kita implementasikan di dunia marketing bisnis.
Contoh Halo Effect pada Bisnis
Salah satu contoh yang paling terkenal dalam penerapan Halo Effect pada dunia bisnis adalah perusahaan Apple saat menjual produk Ipod. Pada tahun 2005, penjualan Apple Computer naik 68%, profit naik 384% dan saham Apple naik 177%.
Hal tersebut diduga merupakan Halo Effect yang ditimbulkan oleh Ipod, sehingga Ipod menjadi produk andalan Apple. Ketenaran Ipod meleverage penjualan berbagai produk Apple lainnya, sampai keuntungan & saham Apple juga merembet naik.
Menarik sekali, bukan?
Kuncinya adalah pada produk unggulan yang bisa mendongkrak penjualan di perusahaan tersebut. Produk lain akan lebih mudah terjual setelah ada satu produk yang berhasil memberikan Halo Effect. Lalu, bagaimana penerapannya di bisnis Anda?
Penerapan Halo Effect Pada Bisnis Travel
Sebenarnya, bisnis travel umrah memiliki produk yang dapat dikatakan akan selalu tinggi peminat. Apalagi sekarang ini minat masyarakat sangat bagus terhadap ibadah umrah, sehingga lebih mudah untuk mengedukasi terkait nilai dari produk andalan Anda.
Anda dapat membuat paket-paket umrah yang mempunyai keunikan serta kelebihan dari paket umrah pada umumnya yang dijual oleh pesaing Anda. Tidak harus paket yang berharga murah|murah, lho!). Paket umrah exclusive yang ditawarkan dengan harga tinggi pun bisa menarik segmen pasar tertentu. Anda dapat melakukan percobaan, paket apa sekiranya yang paling menarik minat konsumen.
Setelah menentukan produk andalan Anda, curahkan segala energi, waktu, tenaga & biaya untuk membuat produk Anda mempunyai kualitas yang sesuai dengan kebutuhan jamaah. Upayakan agar produk Anda bisa dikenal oleh calon jamaah, sehingga mereka akan tertarik untuk membeli, sekaligus dapat membuat bisnis Anda lebih dikenal.
Dengan demikian, produk Anda lainnya juga bisa dipilih oleh konsumen. Mungkin, paket tersebut kurang sesuai dengan selera pasar, maka konsumen bisa membeli paket lain yang Anda jual. Tinggal Anda yang harus jeli & dapat meyakinkan konsumen Anda dengan produk yang Anda tawarkan.
Itulah tips untuk memanfaatkan Halo Effect bagi penjualan bisnis Anda. Semoga bisa diterapkan dan penjualan Anda semakin tinggi! Jangan lupa untuk menggunakan sistem manajemen travel umrah yang profesional seperti Erahajj! Anda dapat memaksimalkan bisnis Anda dengan dukungan teknologi terkini supaa tak ketinggalan dari kompetitor Anda!