Siapa sangka, persaingan bisnis travel umrah dan haji kini tidak hanya dengan sesama travel umrah, melainkan dengan pelanggan atau jamaah sendiri. Ya, saat ini banyak jamaah yang memanfaatkan informasi dari social media untuk melaksanakan umrah secara mandiri atau sering disebut umrah backpacker.
Umrah mandiri disinyalir lebih fleksibel, lebih mudah serta lebih murah. Apalagi bila jamaah telah terbiasa melakukan perjalanan atau traveling ke mancanegara, tentu info bagaimana mengurus tiket, visa, akomodasi atau hotel, makanan & handling bandara telah dikuasai. Ada pula yang join grup-grup umrah mandiri, sehingga mereka bisa bertukar informasi seputar umrah mandiri dengan lebih detail dan akurat.
Namun, ditengah gempuran trend umrah mandiri, travel umrah tidak perlu risau untuk mengembangkan bisnisnya. Apalagi yang baru mulai bisnis, harus bisa beradaptasi dan berinovasi agar dapat bersaing bukan hanya dengan bisnis travel umrah yang sudah lama berdiri namun juga dengan trend umrah mandiri.
Kuncinya adalah pada inovasi & mau beradaptasi dengan digitalisasi. Apabila para jamaah umrah mandiri dapat mengakses informasi dengan mudah sehingga dapat mengatur jadwal umrahnya secara fleksibel, maka Anda juga dapat menyediakan kemudahan yang sama. Selain itu, ada beberapa tips yang akan Erahajj berikan supaya travel umrah & haji bisa memajukan bisnisnya.
- Hadir Secara Online & Mudah Dihubungi Pelanggan
Sekarang semua lebih mudah dikerjakan secara online. Begitu pula dengan bisnis Anda, harus senantiasa hadir bukan hanya di kantor offline atau fisik, namun juga kantor online.
Jangan sampai website perusahaan Anda tidak terurus, apalagi update-nya sudah bertahun-tahun lalu. Bahkan, ada pebisnis travel konvensional yang belum punya website! Padahal, sekarang ini eranya sudah serba pakai software. Bukan hanya website biasa, namun juga website yang didukung oleh sistem travel umrah terkini agar lebih mudah kelola operasional bisnis Anda.
Kami merekomendasikan sistem Erahajj untuk memudahkan manajemen bisnis travel umrah Anda, sekaligus tampilan website profesional yang akan menumbuhkan kepercayaan bagi calon pelanggan.
- Informasikan Jadwal Pemberangkatan yang Pasti
Kemudahan umrah mandiri yang membuat jamaah ingin berumrah secara mandiri adalah jadwal pemberangkatan yang fleksibel. Apabila travel umrah Anda tidak memberikan jadwal pemberangkatan yang pasti, tentu akan membuat bingung calon jamaah yang ingin melaksanakan umrah sesuai jadwal yang mereka punya.
Penting sekali bagi travel umrah untuk membuat paket umrah dengan jadwal pemberangkatan pasti (tidak berubah–ubah), sehingga jamaah juga tidak bingung menentukan jadwal mereka. Hal ini dapat Anda terapkan dengan membuat display yang jelas di website Anda mengenai jadwal pemberangkatan umrah.
- Permudah Transaksi & Pembayaran
Zaman digital ini, transaksi lebih mudah secara digital juga. Begitu juga pembayaran, jamaah sudah tidak mau ribet lagi membawa uang tunai maupun setor tunai ke bank.
Alhamdulillah, di Erahajj Anda bisa menggunakan metode pembayaran Virtual Account (VA) sehingga mempermudah jamaah dalam bertransaksi & pembayaran. Tak perlu lagi bawa uang tunai & bisa membayar kapan saja di mana saja tanpa harus konfirmasi pembayaran.
- Buat Penawaran Menarik Pada Paket Umrah
Anda juga isa berinovasi pada pembuatan paket umrah yang lebih menarik, dengan harga spesial atau fasilitas tambahan yang menarik bagi pelanggan. Pemberian bonus ini dapat meningkatkan minat jamaah berumrah dengan travel Anda.
- Kuasai Social Media untuk Memperluas Jangkauan Jamaah
Umrah mandiri digaungkan oleh influencer di social media. Maka jangan anti terhadap social media, melainkan gunakan secara maksimal untuk pemasaran produk Anda. Kuasai market yang Anda bidik, sehingga Anda dapat lebih tepat dalam menjangkau jamaah yang menjadi target pasar Anda.
- Mengakomodir Kebutuhan Jamaah
Kelebihan dari umrah bersama travel adalah kemudahan mengurus segala sesuatunya yang dibantu oleh travel. Hal inilah yang membuat jamaah mau membayar lebih. Dengarkan suara pelanggan, maka Anda bisa mengakomodir kebutuhan pelanggan secara detail, sehingga mereka juga akan merasa puas berangkat umrah bersama perusahaan travel Anda.
- Evaluasi Pelayanan Secara Berkala
Cara untuk mengembangkan bisnis yang terakhir adalah dengan mengevaluasi pelayanan secara berkala. Anda dapat memberikan kuesioner kepada jamaah yang sudah pulang ke tanah air untuk mengetahui pendapat mereka tentang pelayanan travel Anda.
Mungkin saja ada pelayanan dari tour leader, mutawwif, pihak handling, hotel, catering & sebagainya yang perlu ditingkatkan dan Anda bisa mengetahuinya langsung dari jamaah. Anda juga dapat membuat dan menyebarkan kuesioner melalui aplikasi Erahajj lho!
Nah, itulah 7 tips mengembangkan bisnis travel umrah di tengah gempuran umrah mandiri. Selalu ingat, bahwa peningkatan pelayanan kepada jamaah adalah hal yang tak bisa ditawar lagi agar dapat memenangkan persaingan. Jaga kepercayaan serta hadirkan kemudahan & harga bersaing (harga sesuai kualitas layanan) agar jamaah tetap mempercayakan kepada bisnis Anda. Selamat mencoba!