Ketika memiliki bisnis travel umrah, kepuasan pelanggan adalah salah satu tujuan yang akan dicapai. Pelanggan yang merasa puas dengan pelayanan atau produk yang kita jual akan mendapatkan feedback yang baik, misalnya mereka membuat testimoni, mengajak orang lain menggunakan travel kita, atau melakukan repeat order.Tentunya, ini menjadi pertimbangan serius bagi pebisnis travel umrah, sehingga Anda bisa mengutamakan kepuasan jamaah sebagai salah satu strategi marketing. Daripada Anda membuang waktu, uang dan tenaga untuk mengimplementasikan berbagai strategi pemasaran, alangkah baiknya Anda berfokus bagaimana meningkatkan kepuasan pelanggan Anda. Memang strategi ini dampaknya tak bisa langsung didapatkan oleh perusahaan. Tapi, kepuasan jamaah bisa menjadi salah satu perhitungan kinerja perusahaan, sehingga bisnis travel umrah Anda menjadi lebih dipercaya oleh masyarakat.
Mulai dari yang Sederhana
Kita ambil contoh dari segi pelayanan pelanggan. Setiap jamaah yang Anda berangkatkan umrah adalah orang yang unik. Anda harus memberikan perhatian khusus pada tiap jamaah. Banyaknya pelanggan yang Anda handle dalam satu kloter, bukan menjadi alasan untuk memberikan pelayanan yang prima pada tiap jamaah.Justru dengan banyaknya individu yang Anda layani, Anda bisa mengetahui berbagai macam karakter manusia. Ada yang jamaahnya simpel, ada yang biasa-biasa saja, ada juga yang ribet, suka komplain, dan dari semua itu tentu ada satu dua yang membutuhkan perhatian khusus misal jamaah yang mempunyai riwayat penyakit tertentu. Hal ini bisa jadi tantangan bagi travel untuk memberikan pelayanan yang adil bagi jamaah. Adil bukan berarti sama rata. Adil adalah memberikan ukuran yang tepat bagi setiap orang sesuai dengan kebutuhan mereka. Tentu, pelayanan yang diberikan harus sesuai standar. Ketika ada yang memerlukan pelayanan lebih, silakan Anda gunakan kesempatan tersebut untuk mencapai kepuasan pelanggan.
Baca Juga : Bangun Trust, Berikan Pelayanan Terbaik untuk Jamaah Anda
Biarkan Produk/Jasa Anda yang Berbicara
Kualitas produk atau jasa yang Anda berikan untuk pelanggan sangat berdampak pada kepuasan mereka. Tingkatkan terus kualitas produk dan jasa Anda, sehingga pelanggan tidak kecewa saat menentukan untuk membelinya.Terkadang, kenaikan harga barang dan jasa yang Anda jual tak berdampak terlalu besar pada penurunan pembelian, kecuali kualitasnya cocok dengan harganya. Mereka mungkin akan kesal sejenak, tetapi apabila sudah cocok, pasti akan kembali untuk membeli lagi.Dalam usaha biro travel umrah, Anda bisa menerapkannya dari segi pelayanan yang lebih ramah, lebih cepat tanggap merespon pelanggan, kemudahan dalam pembayaran, perbaikan kualitas makanan, hotel dan transportasi, dan hal-hal lain yang bisa Anda kembangkan sendiri. Biarkan kualitas produk/jasa yang Anda berikan yang berbicara. Pelanggan yang merasa puas akan senang hati merekomendasikan kepada relasi mereka. Berarti, calon pelanggan Anda akan bertambah dan usaha Anda bisa semakin maju.
Baca Juga : Psikologi Marketing untuk Pemasaran Bisnis Travel Umrah
Kritik adalah Sumbangan yang Berguna untuk Bisnis Travel Umrah Anda
Pemberi kritik adalah orang yang peduli terhadap bisnis Anda. Mereka yang mempunyai kritikan, menginginkan pelayanan Anda lebih baik lagi. Sehingga kedepannya tidak ada lagi pelanggan yang merasa kecewa dengan pelayanan Anda. Tentu, kritik yang membangun merupakan sumbangan yang harus Anda tanggapi dengan perubahan positif bagi travel umrah Anda. Ketika setelah dikritik Anda hanya bisa sikapi dengan kata-kata yang buruk, maka Anda melewatkan kesempatan untuk membuat travel umrah Anda berkembang menjadi lebih baik lagi.
Permudah Transaksi dengan Pelanggan
Percaya atau tidak, semua pelanggan menginginkan hal yang serba mudah. Termasuk ketika ingin membeli paket umrah untuk mengakomodasi keperluan ibadah umrah mereka. Tidak ada jamaah yang mau mengalami kesulitan saat ingin mendaftar umrah, melakukan pembayaran umrah, mengurus kelengkapan dokumen, dan kesulitan-kesulitan lainnya yang dapat mereka temukan saat beribadah umrah.Itulah mengapa, Anda harus menghadirkan semua kemudahan tersebut untuk jamaah Anda. Sebagai gantinya, mereka akan membayar jasa dari bisnis travel umrah Anda dengan sejumlah uang, sehingga Anda maupun jamaah membentuk simbiosis mutualisme. Sama-sama untung.
Anda dapat membuat segalanya lebih mudah dengan menggunakan sistem aplikasi yang dirancang khusus untuk travel umrah seperti Erahajj. Anda tidak perlu repot lagi, karena segala jenis transaksi yang ada kaitannya dengan umrah dan haji bisa Anda atur dengan mudah, cepat, dan efisien.
Baca Juga : 5 Fitur yang Wajib Ada di Aplikasi Travel Umrah Pastikan jamaah Anda mendapatkan kemudahan tersebut sehingga kepuasan jamaah terhadap bisnis biro travel umrah Anda semakin meningkat. Selamat mencoba!